Melayani Pengiriman Pupuk KIMIA, Dolomite, Calcium Carbonat dan Pupuk Organik Mikroba Google Bio P2000Z ke Seluruh Indonesia

Senin, 31 Agustus 2015

Turrima Tricho (Inokulum Jamur Trichoderma)

Deskripsi Produk

Trichoderma spp adalah jamur yang dapat hidup pada hampir seluruh jenis tanah dengan habitat beragam. Jamur Trichoderma spp dapat memproduksi beberapa enzym litik serta anti biotik. Trichoderma spp banyak digunakan sebagai fungisida alami untuk jamur patogenik tanaman yang berasal dari tanah. Jamur Trichoderma spp dapat memberikan efek fisiologis, anti jamur serta aktifitas inseksida dengan cara mengkolonisasi akar dan tanaman, kemudian menyerang melalui proses patogen asosiasi parasitik (mycoparasitism) untuk mengambil nutrisi dari patogen.
Jamur Trichoderma spp dapat secara aktif melawan nematoda dan mikro-organisme petogenik dengan cara menyerap nutrisi yang ada pada nematoda dan menggunakannya untuk tumbuh dan berkembang menekan pertumbuhan mikro-organisme patogenik yang ada dilingkungan perakaran (rhizosfer).

Bahan Aktif
- Hifa dan spora jamur Trichoderma spp dengan kepadatan 100.000 - 10.000.000 spora/gram
- Carrier jamur berupa bahan organik yang berasal dari tanaman

Petunjuk Penggunaan
- Aplikasi pada benih
Untuk 1kg biji dibutuhkan sekitar 100 gr inokulum Trichoderma spp. Campurkan 100gr inokulum Trichoderma spp dengan 100gr nasi bubur lalu aduk hingga rata. Kemudian campur rata adonan tersebut dengan biji yang akan ditanam. Diamkan (inkubasi) selama 24jam di tempat kering dan terhindar dari sinar matahari langsung. Setelah proses inkubasi selesai, biji siap untuk ditanam.
- Aplikasi pada saat benih dipindah dari persemaian ke lahan
Campurkan sebnayak 100gr inokulum Trichoderma spp dengan 1 liter air kemudian rendam akar tanaman selama 10menit. Setelah proses perendaman selesai, benih siap untuk dipindah ke lahan penanaman.
- Aplikasi secara langsung pada tanah
Campurkan sebanyak 100gr inokulum Trichoderma spp dengan kompos, diamkan (inkubasi) di tempat teduh selama satu minggu dan aplikasi ke lahan.

Rekomendasi Pemakaian
Aplikasi Trichoderma spp direkomendasikan untuk segala jenis tanaman pada setiap musim untuk mengendalikan penyakit dan memacu pertumbuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar